Thursday, February 09, 2006

PurPose

What's your purpose? Where do you want to go?

Pertanyaan paling mendasar. Aku menyebutnya sebagai 'tujuan'. Aku paling nggak ngerti istilah 'visi dan misi'. Aku nggak suka ruwet. Cukup jawab: untuk apa?

Yang membuka simpul di otakku malah omongan dosen UI waktu kulker lalu. Indonesia ini belum punya tujuan. 'Negara yang adil dan makmur' masih terlalu abstrak. Negara seperti apa? Negara yang bagaimana? Semua yang kita lakukan saat ini sebenarnya mengarah ke mana?

Cukup jawaban sederhana saja: kita mau menjadi negara agraris, atau negara industri?

Tanpa kejelasan tujuan, tanpa fokus yang jelas, akhirnya malah nggak ada yang bisa dicapai. Itu suatu keniscayaan. Indonesia sekarang ini bisa dibilang kemaruk. Mau ini, mau itu. Tapi, nggak ada tujuan yang jelas. Akhirnya nggak dapat apa-apa. Akhirnya tidak menjadi apa-apa.

Kalau mau menjadi negara agraris, bukan berarti industri dimatikan. Bukan itu maksudnya, melainkan seluruh industri dan teknologi yang ada digunakan untuk mencapai tujuan itu. Kalau mau menjadi negara industri, bukan berarti kita harus mengimpor bahan makanan. Justru pertanian bisa digunakan untuk mendukung tercapainya tujuan itu.

Nah, jadi, Indonesia mau ke mana?


Bandung, 10:14 PM 1/27/2006
@ Faiz's brain

4 comments:

  1. Tulisan yang mengena banget May. Bener.., bener tujuan negara kita abstrak banget. Kalo mendengar kata adil makmur, masih belum terbayang imajinasi yang sesuai dikepalaku. Skr kita mulai dari diri kita dulu kali ya..., in what ways we want to contribute to our country, kalo masing2 dari kita memainkan peran dan berkontribusi untuk bangsa, i think we will be a great nation. ;)

    ReplyDelete
  2. May, link kamu menyesatkan.
    Itu ruang baca Kompas, atau Tempo?

    ReplyDelete
  3. hehe, maaf kram, sudah dibenerin kok... :)

    ReplyDelete
  4. Jangan minta maaf May, cukup bilang terimakasih :)

    Karena kritik itu konsultasi gratis....

    ReplyDelete