Saturday, February 12, 2011

buSineSS (1)

Akhir-akhir ini saya sedang tertarik dengan bisnis. Habisnya, kerjaan baru longgar. Mau ngegame sudah bosan. Mau nonton film lama-lama pusing juga kalau digeber 8/7 (8 jam 7 hari seminggu, hehe...).

Seorang teman saya banyak bercerita bahwa dia ingin sukses berbisnis. Maklum, penghasilan pekerja kontrak bisa tak menentu, apalagi kalau suatu saat memasuki usia di atas setengah abad. Lambat-laun saya pun jadi tertarik belajar tentang bisnis.

Sebenarnya dari dulu saya ingin memutar uang saya. Tetapi, saya tidak mau terjun tanpa sedia parasut. Makanya sampai saat ini saya masih menahan diri pada investasi aman, seperti tabungan dan deposito. Sedikit saya investasikan pada bisnis kecil-kecilan, balik syukur, tidak balik ya resiko, namanya juga membantu. Dan ternyata memang saya kebagian "resiko"nya, belum kebagian "syukur"nya, hahaha...

Lalu saya pun beli buku The Cash Flow Quadrant, sekuelnya Rich Dad Poor Dad. Saya dulu mengira saya akan bosan dengan buku ini, tapi ternyata tidak juga, hehe... Manusia memang bisa berubah.

Secara umum, saya setuju dengan poin-poinnya. Bahwa kita perlu untuk belajar finansial. Apa salahnya belajar finansial?

Robert T. Kiyosaki membagi sumber pencaharian manusia dalam empat kuadran. Satu orang bisa hanya terfokus pada satu kuadran, atau bisa juga ahli dalam satu kuadran namun tetap berkecimpung di kuadran yang lain. Ini hanyalah masalah kenyamanan masing-masing orang dalam mencari penghasilan.

Ada orang yang lebih suka bekerja untuk orang lain, untuk kemudian dibayar secara rutin sesuai "waktu yang dia luangkan untuk pekerjaan tersebut". Ini disebut sebagai kuadran Employee (E/pekerja). Contohnya direktur, manajer, karyawan, pegawai negeri, bahkan sepertinya presiden juga bisa dimasukkan dalam kategori ini.

Ada orang yang lebih suka bekerja untuk orang lain, untuk kemudian dibayar sesuai "hasil pekerjaannya". Ini definisi saya sih. Kalau di buku itu didefinisikan sebagai orang yang bekerja untuk dirinya sendiri, disebut sebagai kuadran Self-Employed (S/pekerja lepas). Contohnya dokter yang buka praktek di rumah, konsultan freelance, pengacara (kalau tidak salah), atau orang yang membuka usaha di rumah.

Kuadran E dan kuadran S ini dikelompokkan dalam Kuadran Kiri.

bersambung...


@Grey, February 12, 2011

No comments:

Post a Comment