Thursday, March 15, 2007

peDeStrian

Jaman aku SD, guruku berkata kurang lebih begini, "Saat kalian berjalan kaki di jalan dengan jalur pejalan kaki, kalian bisa berjalan di sisi kiri. Tapi, jangan berjalan di sisi kiri jika jalan yang kalian lalui itu tidak mempunyai jalur pejalan kaki."

Logikanya sederhana saja, orang akan lebih waspada berjalan jika bisa melihat sepeda yang datang dari arah depan ketimbang musti bolak-balik melihat ke belakang untuk mengetahui apakah jarak truk gandeng yang datang masih 100 m ataukah tinggal 0.01 m.

Penerapannya? Sepertinya lebih banyak orang menganggap lebih benar untuk berjalan kaki searah dengan jalur kendaraan meski jalan itu tidak mengakomodasi pedestrian. Aku sendiri? Kalau sedang sayang diri sendiri, aku akan pindah ke sisi kanan jalan. Kalau sedang malas, aku tidak bisa marah saat hampir diserempet motor dari belakang.

Hm...

@Avalanche, 8:48 AM 2/28/2007

4 comments:

  1. Betul May.

    Loe emang bukan sembarang anak kampung ya.

    Bagus.

    Gue sebagai anak kota berpikir bahwa ajaran berjalan di sisi kiri jalan di Indonesia jelas sesuatu yang salah.

    Soalnya kita jadi membelakangi arah datangnya mobil atau motor.

    Makanya...k-lo jalan, di sisi kanan aja.

    Atau di tengah sekalian...biar orang2x tau...kita pemberani!

    Jayalah Indonesiaku!

    -BH-
    http://go-blog.budiaji.org

    ReplyDelete
  2. wah bener May, meskipun kebetulan aku jarang jalan kaki di jalan raya.. biasanya klo jalan kaki di sungai ato gunung... :D

    klo jalan kaki di sungai pilih yang ga dalem, jangan yang dalem, klo di hulu mendung, mau hujan, segera keluar dari sungai, kecuali mau kena banjir..

    tp klo pas jalan di trotoar males, naik turun, sering ada pkl dll.. bikin capek.. :D jadi naek motor aja, biar bisa hampir nyerempet Maya... :))

    btw, blogspotku aneh May, masuknya susah.. jd aku pindah ke wordpress.. :p punyamu masih aman2 aja?

    ReplyDelete
  3. bud, lu itu kadang2 ngajak berantem ya?

    masuknya susah gimane? paling2 minta login gmail... aku masi nyante2 aja tuh...

    ReplyDelete
  4. woi..sibuk bgt ya? ampe ga sempet update blog :p

    ReplyDelete