Saturday, December 16, 2006

PANCASILA

Uh... rasanya sudah bertahun-tahun yang lalu terakhir aku mendengar kata ini. Apakah anak SD sekarang masih mengenali PANCASILA? Kenapa aku meragukannya?

Lalu, apakah
PANCASILA itu? Masih ingat nggak bunyi ke-45 butir PANCASILA (belum nambah lagi kan butir-butirnya?). Ada tenggang rasa, ada musyawarah, ada adil, ada ini, ada itu... uh, sudah lupa....

Lalu, sejauh manakah nilai-nilai
PANCASILA itu meresap dalam daging dan tulang manusia Indonesia saat ini? Ataukah PANCASILA masih sebatas hafalan dalam batok kepala yang sewaktu-waktu digunakan dalam keadaan darurat, misalnya THB dan EBTANAS, dan enggan keluar untuk menemui kehidupan nyata?

Karena, seandainya memang
PANCASILA itu pondasi negara Indonesia, mengapa rakyat Indonesia sendiri enggan mengaplikasikannya? Perlukah perubahan drastis PANCASILA?

Ataukah, rakyat Indonesia memang belum merdeka?


8 comments:

  1. Bukannya butir2 Pancasila udah diapus ya??
    lagian kan Penataran P4 juga dah diapus...

    duh... Pancasila... nasibmu kini...
    sudah mulai ditinggalkan..

    Tapi kita masih harus tetep bangga dong.. itu kan Falsafah, Landasan Hidup, Pandangan Hidup, The Way of Life nya Pak Harto.. ups, maksudnya bangsa Indonesia :-D

    ReplyDelete
  2. pancasila.
    panca + sila = ponco + silo = Ponco (paranormal?) sedang (duduk) bersila membaca mantra kali... :)

    ReplyDelete
  3. Pancasila apaan May...?

    ReplyDelete
  4. komen pake account gue di blogger nich.
    biar foto gue keliatan dengan tampannya.
    gue tampan kan ya May?
    makasih. :P

    ReplyDelete
  5. Lho?!
    Kok foto gue gak keliatan?!
    Apa gara2x gue make blogger beta ya?
    Hm...!
    Gimana nich May?
    Apakah Pancasila mampu memberi jawabannya?

    ReplyDelete
  6. pancasila kan harus dihafalkan, cuma diaplikasikan...., lagipula kalo kamu suka buang sampah pada tempatnya udah termasuk pancasila ko :P

    ReplyDelete
  7. jadi? apakah Pancasila masih menjadi dasar negara Indonesia? jadi semakin ragu membaca komen anda2 semua... waktu masi kecil dulu, seingetku nyebut Pancasila tuh keramat banget :D

    ReplyDelete
  8. May, kl iseng baca tulisan saya yang sedikit terkait dengan sejarah 'lenyapnya' Pancasila.

    http://dhita.blogspot.com/2007/05/jargon.html

    Salam kenal ya. Saya lagi berkeliaran nih di Blog kamu.

    ReplyDelete